Rabu, 16 Agustus 2017

Sirih Gading Tanaman Penyerap Polusi Udara


Sirih Gading (Epipremnum aureum) adalah tanaman merambat yang biasanya ditanam pada pot dinding atau pot gantung. Menanam Sirih Gading di dalam ruangan atau di teras rumah selain menambah keindahan juga bermanfaat untuk menyerap polusi udara. Dengan demikian udara akan semakin segar dan suasana akan terlihat indah. 

Beberapa tips menanam Sirih Gading agar tumbuh subur dan indah :
  • Gunakan media tanam yang memiliki sifat porous, yaitu media tanam yang gembur, bisa menjaga kelembaban tanah dan mudah membuang kelebihan air. Dalam hal ini saya menggunakan media tanam yang terdiri dari : tanah, pasir, cocopeat, pupuk kandang dan arang sekam. Yang dimaksud cocopeat adalah sabut kelapa yang dihancurkan/dihaluskan.
  • Menyiram tanaman pagi dan sore. Jika tidak sempat, minimal 1 kali sehari, pagi atau sore hari. Hindari menyiram tanaman pada siang hari/sinar matahari sedang terik, karena akan mempercepat penguapan air.
  • Jaga kelembaban tanah, jangan sampai tanah kering ataupun terlalu lembab. Apabila tanah terlalu lembab maka akan memicu pertumbuhan hama seperti kutu putih. Hama kutu putih dapat diatasi dengan menyemprotkan insektisida pada batang dan daun. Insektisida alami dapat dibuat dari air rendaman tembakau. 
  • Letakkan tanaman Sirih Gading di dalam ruangan atau di luar ruangan yang teduh (dalam naungan).
  • Setiap 2 bulan sekali taburi media tanam dengan pupuk kompos/pupuk kandang. Setelah itu campur pelan-pelan pupuk tersebut dengan media tanam. Bisa juga dengan pupuk NPK yang dilarutkan dengan air lalu semprotkan pada media tanam.

Budidaya Sirih Gading

Budidaya Sirih Gading dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu :
  1. Cara pertama dapat dilakukan dengan stek batangBibit stek dapat diperoleh dari tanaman Sirih Gading yang sudah tua. Potong batang sekitar dua ruas, yang memiliki 2 atau 3 daun. Iris bawang merah kemudian direndam di dalam air. Masukkan batang tersebut ke dalam rendaman air selama 15 menit. Rendaman air bawang merah bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan akar. Kemudian tanam ke dalam media tanam. Siram tanaman setiap pagi dan sore. Letakkan tanaman dalam naungan.
  2. Cara kedua dapat dilakukan dengan merambatkan sulur batang tanaman pada media tanam. Setelah sulur tertanam maka akan tumbuh akar. Potong batang tanaman yang mempunyai akar kemudian tanam pada media tanam.
Demikian ulasan tentang Sirih Gading berdasarkan pengalaman saya dalam menanam tanaman hias yang cantik tersebut. Selamat berkebun.
Salam Lestari 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gallery

Sirih Gading Tanaman Penyerap Polusi Udara

Sirih Gading  ( Epipremnum aureum ) adalah tanaman merambat yang biasanya ditanam pada pot dinding atau pot gantung. Menanam Sirih ...